Selasa, 20 Juli 2010

Penghijauan Untuk Semua

Setiap rangkaian kegiatan outdoor activities diakhiri dengan penanaman pohon adalah upaya kami dalam menghijaukan lingkungan, mari kita dijadikan budaya menanam itu adalah upaya kita untuk menghijaukan bumi, karena kita hanya dapat menanam dan yang menghidupkan pohon itu dari sang Pencipta yaitu Allah SWT, selanjutnya kita juga untuk selalu menrawatnya dengan baik.

Program pemerintah untuk menghijaukan Indonesia lewat kementrian kehutanan Republik Indonesia dengan kampaye Satu Orang satu pohon dapat terwujud bila kita sudah mau memulai menanam dan memelihara pohon baik di pekarangan rumah atau di tempat terbuka lainnya.

Kecintaan terhadap tanaman akan banyak bermanfaat buat dirinya dan bagi orang lain serta lingkungan, jadi betapa penti
ngnya pohon ada di sekitar kita, pohon yang ada di sekitar kita sangat bermanfaat, contoh yang paling sederhana pohon do siang hari menghisap CO2 dan mengeluarkan O2, sementara manusia sangat membutuhkan O2 setiap saat, dan O2 yang dikeluarkan pohon itu sangan segar dan sehat, contoh yang paling sederhana bila siang hari kita berada di bawah sinar matahari akan beda rasanya bila kita berada dibawah pohon.

Dan akan berbeda pula bila kita berdiri dibawah plafon bangunan yang ber AC ketika siang hari dengan berada dibawah pohon, karena udara yang keluar dari AC dengan Pohon jauh lebih segar dan alami serta tidak berdampak pada kesehatan tubuh.

Sudah banyak kalangan tertentu yang peduli dengan lingkungan, mereka bila memberi sovenir dalam berbagai kegiatan dengan memberi tanaman untuk ditanam di tempat penerima sovenir.

Di kegiatan pelatihan di Pangrango Outbound Adventure and Camp selalu dikahiri dengan menanam pohon dengan harapan para peserta akan muncul budaya mencintai lingkungan dengan menanam pohon.

Kegiatan menanam pohon mulai dari murid SD Islam Dian Didaktika Cinere dalam kegiatan Super Camp Juni 2010 yang terdiri dari ekstra kurikuler Pramuka, Bahasa Inggris, Kids Film Program dan Science, juga meraka yang t
ergabung UKM Karate UIN Jakarta, selepas mereka mengadakan Kejuaraan Karate Nasional Terbuka mengadakan pembubaran panitia dengan melepas lelah dengan outing serta menanam pohon. untuk kalangan guru juga kami memberika kesempatan bagi peserta Raker Guru TK dan SD Islam Terpadu Al Manar Pondok Kelapa Jakarta Timur, dengan harapan para guru TK dan SD dapat menyebarluaskan budaya menanan kepada para siswanya, Kapan giliran pembaca menanan pohon di sekitar rumah atau lingkngannya, semoga mau membantu untuk menghijaukan bumi lewat tangan mungil anak-anak kita.

Pembiasaan menanan pohon mulai dari usia dini, menjadikan anak akan cinta terhadap lingkungan, ini adalah bukti nyata karena dapat langsung dirasakan manfaatny
a, bila pembiasaan ini dilakukan secara priodik adalah salah satu upaya pembentukakan karakter cinta dan dengan lingkungan sekitar. ini mungkin yang perlu kita budayakan kegiatan ini, bila merenung sejenak anak-anak zaman sekarang sudah agr terkikis kepedulian terhadap lingkungan karena pergeseran zaman yang serba canggih. untuk itu masih ada upaya kita untuk menyelamatkan generasi muda dengan gerakan ini, di mulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga, sekolah dan komunitas. mari kita selamatkan lingkungan serta generasi muda kita dengan gerakan menanam pohon di sekitar terdekat kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar